putra1922

Memuat...

KENAPA GAJAH TAKUT DENGAN SEMUT ?

Ketika kita masih kecil mungkin kita sering melakukan permainan suit, dimana pada permainan itu telah ditentukan bahwa semut mengalahkan gajah. Mungkin hal ini terdengar tidak masuk akal, tapi ternyata ada jawaban ilmiah kenapa gajah takut semut yang ditemukan oleh seorang ilmuwan yang ada di Afrika.

Semut Mengalahkan Gajah, Inilah Jawaban Ilmiah Kenapa Gajah Takut Semut
Salah satu film dari Disney yang berjudul Dumbo sempat menggambarkan bahwa gajah takut terhadap tikus, hal ini memang pernah dicoba praktekkan oleh Mythbuster dan hasilnya memang gajah takut akan tikus, tapi ternyata ada yang membuat mereka jauh lebih takut dan hal itu jauh lebih kecil dibandingkan tikus yaitu semut. Tapi mengapa gajah lebih takut semut dibanding tikus?

Jawaban Ilmiah Kenapa Gajah Takut Semut

Mitos yang beredar adalah karena tikus mampu merangkak masuk ke dalam belalai dari gajah dan membuat gajah itu takut setengah mati, walaupun ternyata tidak seperti itu. Gajah “takut” kepada tikus karena hewan tersebut sering muncul tiba-tiba di hadapan gajah dan mengagetkannya. Jangankan tikus, gajah bisa kaget dan mendadak berputar balik ketika ada hewan kecil dan lincah yang ada di sekitar mereka. Tapi hal ini tidak menjelaskan kenapa gajah takut semut mengingat semut bukanlah makhluk yang lincah apalagi bisa bergerak dengan sangat cepat.

Ternyata jawabannya cukup mudah, karena meskipun gajah merupakan hewan yang memiliki kulit kuat ternyata kelemahan mereka ada di satu titik yaitu belalai mereka. Para ahli yang melakukan penelitian ini juga percaya bahwa gajah pun sadar kalau hewan seperti semut mampu berjalan perlahan di dalam belalai mereka dan menggigiti organ dalam yang mereka miliki yang kemungkinan besar akan membunuh mereka juga. Inilah jawaban ilmiah kenapa gajah takut semut yang berhasil ditemukan oleh para peneliti di Afrika.

Kepala riset dari penelitian ini adalah Dr Todd Palmer dari pusat riset Mpala di Kenya dan Universitas Florida, dimana ia berkata bahwa cerita semut melawan gajah ini seperti kisah David dan Goliath dalam versi fabel. Semut yang kecil mampu bertahan melawan gajah yang ukurannya jauh lebih besar dari mereka. Semut-semut ini juga dipercaya bertindak sebagai bodyguard dari berbagai tanaman hanya untuk menjaganya dari serangan gajah yang tiba-tiba datang.

Mengatahui Jawaban Ilmiah Kenapa Gajah Takut Semut Mungkin Bisa Membantu Menghentikan Kepunahan Hewan Besar Ini

Salah satu alasan utama kenapa gajah-gajah sering menjadi target pembunuhan atau bahkan ditangkap dan diperjualbelikan ke tempat-tempat sirkus oleh masyarakat di Afrika sebenarnya cukup mudah, dimana hal tersebut terjadi karena para gajah sering merusak tumbuhan yang sudah dengan susah payah ditanam oleh masyarakat sekitar, dan karena inilah kemungkinan besar pembunuhan gajah bisa dihentikan jika kita bisa menggunakan alasan kenapa gajah takut semut untuk menghalau para gajah menghancurkan tanaman.

Hal ini sudah terbukti efektif karena Dr Palmer dan koleganya yang dipanggil dengan nama Dr Jacob Goheen menyadari bahwa ternyata gajah menghindari spesies khusus dari pohon akasia yang tumbuh di Kenya. Setelah diteliti lebih dalam, ternyata akasia tersebut merupakan sarang dari semut-semut pelindung. Tanpa pikir panjang lagi, para gajah yang biasanya sering mengonsumsi dan menghancurkan tanaman tadi langsung berlari menjauh seperti anak kecil yang tidak suka memakan sayuran. Karena itulah, mungkin akan menjadi sesuatu yang baik jika kita menggunakan jawaban ilmiah kenapa gajah takut semut untuk melindungi pohon dan gajah di waktu yang sama.
SOURCE : rockypanjaitan

0 komentar:

Poskan Komentar

jika ada yang kurang jelas langsung ajha tanya ke mimin ya.,.,., :) my fb tama ashter soko-tuban

Primbon "mengetahui watak dan karakter seseorang"

PRIMBON™ - Gerbang Dunia Mistik & Alam Gaib

Primbon Jodoh

Numerologi Rahasia Cinta

Nomor Bagua Shuzi

Arsip Blog